Saturday, December 10, 2016

Apa itu puisi?

PU-I-SI

PU-I-SI, itulah sebutannya....
Puisi, apa itu puisi?
Puisi, siapakah itu puisi?
Puisi, dari manakah itu puisi?
ku bertanya, dan terus bertanya karena ku tertarik pada PU-I-SI...

~Asep Mustofa Ikhwanul Jamil
Apa Itu Puisi? - Mu-Share
Mu-Share Poetry
Halo sobat, selamat datang di Mu-Share Blog Dunia Pena Tanpa Selembar Kertas, pada artikel ke-2 ini Kang Asep akan sedikit bercakap tentang Puisi, dimana menurut Om Wiki Puisi itu berasal dari bahasa Yunani kuno: ποιέω/ποιῶ (poiéo/poió) = I create (hahaha... entah bacanya gimana),
padahal kalo diterjemahkan ke bhs.indonesia jadinya 'Saya Membuat' dong???
dan kalo bhs.inggrisnya Puisi adalah Poetry (bukan Putri yaa😋).
maka dari itu iya-in Om Wiki aja deh lagipula Om Wiki tidak selalu akurat (karena bisa diedit banyak orang),
jadi... ambil kesimpulan aja dari penjelasan itu bahwa puisi adalah Karya = dibuat😁
Artikel Yang Di Baca Saat Ini: Apa Itu Puisi

Pengertian Puisi

🖎Puisi adalah seni,😍
dan Seni Puisi adalah Seni Tertulis yang memiliki ragam sastra yang bahasanya terikat oleh Ritme (Irama), Rima (Pola Bunyi), serta penyusunan larik dan bait (Diksi/ Pemilihan Kata) yang penuh dengan makna (Revisi dari Menurut KBBI), selain itu pada seni tertulis ini  mengutamakan bunyi, bentuk, dan juga makna yang ingin disampaikan baik oleh sang pembaca ataupun sang penulis. dimana;

Puisi-puisi biasa tercipta untuk menyangkut suatu hal atau makhluk,
bisa dirinya sendiri, atau bisa juga orang lain...
bisa yang dia benci, atau bisa juga yang dia sukai...
bisa suatu kebijakan, atau bisa juga suatu keputusan...

Seni puisi sendiri menggunakan bahasa yang memiliki makna tersirat dan perlu memiliki penjiwaan untuk dapat memahami, dan biasanya memiliki penekanan pada beberapa kata yang menjadi daya tarik tersendiri karena bahasanya yang tidak sama dengan bahasa yang digunakan sehari-hari. pokoknya Ringkas namun bermakna dan multi tafsir (banyak pengertian) (Menurut Saya Sendiri✌).

-?- loh... kok bisa mutli tafsir?

yaa... jelas bisa...
itu semua kembali ke pembaca puisi itu sendiri, semakin luas pengetahuannya semakin beraneka ragam pula makna yang ia temukan dalam sebuah puisi, dan bahkan mod/ perasaan/ situasi seorang pembaca juga dapat mempengaruhi makna bacaan puisi itu sendiri.

*pokoknya dalam semuanya itu perlu permainan hati dan pikiran, agar terciptanya sebuah kata-kata yang abstrak nan multi tafsir.

Disisi lain, Puisi juga bisa disebut sebagai Curhatan seseorang (yaa... sebelas-dua belas sama diary), hanya saja dalam puisi tidak menggunakan kalimat seperti mengobrol atau Curhat...
karena puisi lebih condong ke
Sedikit Kata, Namun Banyak Makna
Banyak Kalimat, Namun Satu Tujuan
~Kang Asep

sedangkan Diary...? tergantung orangnya masing-masing lagi...😝

Kenapa Kang Asep bilang Puisi dan Diary itu sebelas- dua belas layaknya adik kakak yang tak begitu berbeda...?

Cukup ambil poin besarnya saja...
dalam Puisi kita bisa mengekspresikan Rasa Cinta kita terhadap hal ataupun seseorang, begitu pula dengan diary...
dalam Puisi kita bisa mengekspresikan Rasa Benci kita terhadap hal ataupun seseorang, begitu pula dengan diary...
pokoknya gitu dah...😎
Udah pada baca artikel yang sebelumnya belum...? silahkan di baca dulu ->Klik Disini🙏 Supaya lebih kenal (saling kenalan juga gak apa-apa😆)

Ciri-Ciri Puisi

Beberapa ciri 🔎karya itu adalah sebuah puisi antara, yaitu:
  • Rima (Pola Bunyi) 🎼
    Dimana pada bagian ini adalah permainan susunan bunyi dari kata-kata yang sudah ditata. Penataan bunyi ini dapat kita lihat dari setiap baris yang sudah tertulis dan bisa juga dari beberapa baris dalam satu bait yang sudah tersusun. dimana pada penataan ini, bunyi puisi tersebut dapat terjadi secara disengaja atau bahkan tersusun secara kebetulan oleh sang penyair.

  • Ritme (Irama) 🎤🎶
    Dimana pada bagian ini adalah permainan susunan bunyi dari pergantian nada yang digunakan, keras lembutnya nada, cepat lambatnya nada, tinggi rendahnya nada yang diucapkan dalam berpuisi. Selain digunakan untuk memperindah puisi, Ritme (Irama) ini digunakan juga untuk memperjelas situasi dan kondisi sang penyair sehingga dapat memperngaruhi ketertarikan, baik para pembaca ataupun pendengar puisi tersebut.

  • Diksi (Pemilihan Kata) 👀
    Dimana pada bagian ini adalah permainan kata-kata yang menjadi ciri khas dalam puisi, dikarenakan bahasa yang digunakan tidak sama dengan bahasa yang digunakan sehari-hari. Sehingga kata yang digunakan dapat memperindah, membuat nyaman dan enak didengar, dan juga dapat memiliki makna yang begitu mendalam sehingga baik pembaca maupun pendengar dapat memicu emosinal mereka masing-masing, bisa begitu bersemangat, bersedih, tertawa, bahkan terdiam, itu semua dikarenakan mereka dapat menikmati puisi tersebut.

Jenis-Jenis Puisi

Menurut KBBI🕮, Puisi dibagi menjadi beberapa jenis:
  • Puisi Bebas ialah puisi yang tidak terikat oleh rima dan matra, dan tidak terikat oleh jumlah larik dalam setiap bait, jumlah suku kata dalam setiap larik,
  • Puisi Berpola ialah puisi yang mencakupi jenis sajak yang susunan lariknya berupa bentuk geometris, dimana pada bait bisa berbentuk seperti apa saja (melingkar, tanda tanya, zigzag ataupun bentuk lainnya),
  • Puisi Dramatik ialah puisi yang memiliki persyaratan dramatik yang menekankan tikaian emosional atau situasi yang tegang,
  • Puisi Lama ialah puisi yang belum dipengaruhi oleh Puisi Barat, seperti Pantun, Gurindam, Syair, Mantra, dan Bidal (Masih terpengaruh oleh aturan-aturan),
  • Puisi mbeling ialah sajak ringan yang tujuannya membebaskan rasa tertekan, gelisah, dan tegang (sajak main-main)
namun seiring berjalannya waktu🏃, jenis-jenis puisi pun 🎇bermunculan dan salah satunya adalah Puisi Baru.
dimana 🆕Puisi Baru ini bentuknya lebih bebas daripada puisi lama, baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima.
Pada bidang Puisi Baru-lah Kang Asep berkecimpung, walapun enggak nyambung dari satu kata ke kata yang lainnya, tapi dengan salah satu gaya seperti inilah Kang Asep dapat menenangkan pikiran, memanaskan pikiran, merefresh pikiran dan pokoknya asik-asikkan aja dah. walaupun juga orang-orang sulit untuk memahami...😅

"But this's my word and this's little piece of my experience"
yaa... cukup sekian dulu di artikel ke-2 di Mu-Share ini...
sering-sering berkunjung yaa...
jangan lupa tinggalkan komen, kritik & saran agar berkembangnya Mu-Share🙏...

jika ada salah kata, saya mohon maaf, dan jika ada benar kata mohon dicerna (bukan kayak makanan😜)
#Ala_penutup_pidato😋


~SEMOGA BERMANFAAT😎~
JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE KAWAN-KAWAN
KRITIK DAN SARAN KALIAN TERBUKA BEBAS (TINGGAL ISI DI KOLOM KOMENTAR)

Share this

Saya Mustofa Ikhwanul Jamil, Biasa Di Panggil Asep...
Untuk Lebih Mengenal Silahkan [Klik Disini]

1 Response to "Apa itu puisi?"

  1. wah keren bang, anem lebih paham. visit blog ane juga ya. banyak kumpulan puisi puisi juga looh www.famjon.com

    ReplyDelete

Agar Blog ini dapat menjadi lebih baik lagi. Silahkan Sampaikan Komentar, Kritik, dan Saran kalian...
Jangan Cuman diUcap Dalam Hati, Tetapi bagikanlah kepada pembaca yang lainnya juga...
Dengan bahasa yang sopan dan tanpa sara....

~SEMOGA BERMANFAAT~ ^_^